KM Implementation in Public Sectors based Asian Productivity Organization

APOPada tanggal 15-18 Juli 2013, tim CK4BC yaitu Hary Febriansyah, PhD dan Achmad Ghazali, PhD mengikuti Training E-Learning KM Implementation in Public Sectors based Asian Productivity Organization (KM-APO), yang diadakan di IASTH-GDLN, Kampus UI, Salemba.
Training diikuti 4 negara yaitu Fiji, Indonesia, Malaysia dan Thailand, dimoderatori oleh Jepang. Narasumber pembicara adalah berasal dari Singapura dan Malaysia. Adapun peserta yang ikut serta dari Indonesia sebanyak 30 orang, berasal dari SBM-ITB, IPB, UNPAD, UI, APINDO, Astra Honda Motor, PT. Data Quest, Kementerian Pertanian dan Kemenakertrans. Topik-topik pembahasan dalam pelatihan ini meliputi Basic Concept of KM based on APO Framework, KM Technics, Tool and Methodology, Benefits of KM Implementation, two case studies of KM Implementation from Malaysia and Singapore.
Dalam pelatihan ini, juga diadakan site visit ke PT. Astra Honda Motor di Cikarang. Dimana peserta diharuskan mengamati langsung penerapan atas KM Initiation and Implementation, dan selanjutnya peserta membuat summary beserta presentasinya secara live video conference dihadapan seluruh peserta, narasumber dan moderator. Pada hari terakhir, diselenggarakan ujian tertulis bagi semua peserta. Dan hasilnya secara hard document, dikirimkan dan dinilai langsung di APO-Tokyo.
Materi Pelatihan dapat di download disini